posting_8

Senin, 13 Juni 2011

MANUSIA DAN PERADABAN

  1. Pengertian Adab dan Peradaban
            Peradaban berasal dari kata adab yang artinya ahlak, kesopanan atau kehalusan budi pekerti. Peradaban yaitu berkata dengan konsep nilai moral, etika, estetika di masyarakat dipakai untuk menyebut bagian-bagian dan unsur-unsur dari kebudayaan yang halus dan indah. Istilah peradaban sering dipakai untuk menunjukkan pendapat dan penilaian kita terhadap perkembangan kebudayaan.
Tinggi rendahnya peradaban suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor:
Pendidikan dan Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan
Sedangkan wujud peradaban moral yaitu:
1.      Nilai-nilai dalam masyarakat dalam hubungannya dengan kesusilaan
2.      Norma
3.      Etika
4.      Estetika

  1. Problematika Peradaban
Dampak globalisasi terhadap peradaban manusia diantaranya yaitu masyarakat mengalami anomi (tidak punya norma) atau heteronomy (banyak norma), sehingga terjadi kompromisme sosial terhadap hal-hal yang sebelumnya dianggap melanggar norma tunggal masyarakat.
Selain itu juga terjadinya disorientasi atau alienasi, keterasingan pada diri sendiri atau pada perilaku sendiri, akibat pertemuan budaya-budaya yang tidak sepenuhnya terintegrasi dalam kepribadian kita.

  1. Peradaban dan Perubahan Sosial
Perubahan sosial merupakan gejala yang melekat di setiap masyarakat, merujuk pada satu pengertian yang intinya. Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam masyarakat atau dalam hubungan interaksi, yang meliputi aspek kehidupan.
Hirschman mengatakan bahwa kebosanan manusia sebenernya merupakan penyebab dari perubahan. Ada beberapa faktor dapat mempengaruhi perubahan sosial, diantaranya:
     1.      Tekanan kerja dalam masyarakat
     2.      Keefektifan komunikasi
     3.      Perubahan lingkungan alam
Share this article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 SEOLink All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.