posting_7

Senin, 13 Juni 2011

MANUSIA DAN PENDERITAAN

  1. Pengertian Penderitaan
      Penderitaan berasal dari kata derita. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang  belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.
      Penderitaan akan dialami oleh semua orang, hal itu sudah merupakan resiko hidup. Bagi manusia yang tebal imannya musibah yang dialaminya akan cepat dapat menyadarkan dirinya untuk bertaubat kepada-Nya dan bersikap pasrah akan nasib yang ditentukan Tuhan atas dirinya. Dalam kepasrahan demikianlah akan diperoleh suatu kedamaian dalam hatinya, sehingga berangsur akan berkurang penderitaan yang dialaminya, untuk akhirnya dapat bersyukur bahwa Tuhan tidak memberikan cobaan yang lebih berat dari yang dialaminya.

  1. Siksaan
      Siksaan dapat diartikan sebagai siksaan badan dan dapat juga berupa siksaan jiwa. Siksaan yang sifatnya psikis dapat berupa kebimbangan, kesepian dan ketakutan. Penderitaan maupun siksaan yang dialami oleh manusia merupakan beban berat, sehingga dunia benar-benar merupakan neraka dalam hidupnya. Bagi mereka yang mulai merasakan tidak mampu lebih lama menderita biasanya terlantar.

  1. Penderitaan dan Perjuangan
      Pembebasan dari penderitaan pada hakekatnya meneruskan kelangsungan hidup. Caranya ialah berjuang menghadapi tantangan hidup dengan waspada dan disertai doa kepada Tuhan supaya terhindar dari bahaya dan malapetaka. Kelalaian manusia merupakan malapetaka yang menimbulkan penderitaan.

  1. Penderitaan dan Sebab-Sebabnya
     1.      Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia
Penderitaan ini kadang disebut nasib buruk. Nasib buruk ini dapat diperbaiki manusia supaya menjadi baik.
     2.      Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan atau azab Tuhan
Penderitaan manusia juga terjadi akibat penyakit, siksaan atau azab Tuhan. Namun, kesabaran, tawakal dan optimisme dapat merupakan usaha manusia untuk mengatasi penderitaan ini.

  1. Pengaruh Penderitaan
      Orang yang mengalami penderitaan mungkin akan memperoleh pengaruh yang bermacam-macam dalam dirinya. Sikap yang timbul dapat berupa sikap positif (optimis dalam mengatasi penderitaan) maupun sikap negatif (penyesalan karena mengalami penderitaan).
Share this article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 SEOLink All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.