posting_13

Senin, 13 Juni 2011

MANUSIA DAN LINGKUNGAN

  1. Pengertian Manusia dan Lingkungan
Manusia adalah mahluk hidup ciptaan Tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada aturan-aturan Tuhan. Sedangkan lingkungan merupakan suatu media dimana mahluk hidup tinggal, mencari penghidupan dan memiliki karakter serta fungsi yang khas.
Relasi manusia dan lingkungan adalah hubungan yang timbal balik dan simbiotik mutualisme, karena manusia hidup di alam lingkungan hidup dan alam sebagai lingkungan hidup juga membuthkan manusia untuk pelestariannya. Jadi manusia butuh alam untuk kehidupannya dan alam juga membutuhkan manusia untuk pelestariannya.
Dalam konsepsi Islam, maka terdapat dua fungsi manusia di dalam kehidupannya. Pertama, manusia sebagai hamba Allah. Dan yang kedua, manusia sebagai wakil Allah di bumi.

  1. Lingkungan Hidup Manusia
Manusia hidup, tumbuh dan berkembang dalam lingkungan alam dan sosial budayanya. Dalam lingkungan alamnya manusia hidup dalam sebuah ekosistem. Dalam ekosistem terdapat komponen abiotik (tanah, udara, air, cahaya, suhu) dan komponen biotik (produsen, konsumen, pengurai). Selain itu di dalam lingkungan terdapat faktor-faktor seperti rantai makanan, habitat, populasi, komunikasi dan biosfer.

  1. Pengaruh Manusia pada Alam Lingkungan Hidupnya
Perubahan lingkungan hidup manusia akan berpengaruh baik secara positif ataupun negatif berpengaruh pada manusia karena manusia mendapatkan keuntungan dari perubahan tersebut dan berpengaruh tidak baik karena dapat mengurangi kemampuan alam hidupnya untuk menyokong kehidupannya.
Share this article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 SEOLink All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.