posting_12

Senin, 13 Juni 2011

  1. Iptek dan Peradaban Manusia
Sains dan teknologi adalah intitusi manusiawi (karya yang dilahirkan manusia). Sains merupakan hasil abstraksi manusia dari sumber alami melalui berbagai fenomena yang diamatinya. Kemudian fenomena tersebut di presentasikan ke dalam berbagai model yang membentuk suatu paradigma. Maka kebenaran sains adalah bila dan hanya bila suatu fenomena alami dapat cocok pada model-model dari suatu paradigma yang berlaku. Oleh karena itu berbagai kebenaran alami yang terhimpun dalam sains merupakan temuan. Namun tanpa manusiapun kebenaran alami tetap beroprasi sebagai sumber dari sains.
Berbeda dengan sains, teknologi sepenuhnya bersumber pada manusia. Oleh karena itu tanpa manusia, tanpa masyarakat, teknologipun tiada. Teknologi adalah suatu cara untuk teknik memproduksi atau memproses membuat sesuatu yang lebih mengembangkan keterampilan manusia.

  1. Pengaruh Perkembangan IPTEK terhadap Pola Kemasyarakatan Heteronomi
Heteronomi adalah prinsip pembiaran sesuatu selain hukum moral untuk menentukan apa yang mesti dilakukan. Ini mengganti kebebasan dengan sesuatu di luar akal praktis, semisal kesukaan.
Dalam masyarakat dengan teknologi maju cukup banyak contoh yang menunjukan betapa heteronomi bisa mengakibatkan munculnya berbagai perwujudan perilaku menyimpang, bahkan bersifat ekstrem yang bisa berakibat pertentangan antar lapisan dan antar golongan dalam masyarakat.

  1. Pengaruh Perkembangan IPTEK terhadap Pola Kemasyarakatan Hedonisme
Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Pola kemasyarakatannya telah menyebabkan iptek dikembangkan untuk memenuhi kesenangan-kesenangan materi dan mengorbankan alam semesta. Menjamurnya produk-produk mainan yang melampaui kebutuhan merupakan bukti pemenuhan hedonisme tersebut.

  1. Perkembangan IPTEK dalam pembangunan dan Lingkungan
Perkembangan IPTEK telah membawa kemajuan dan kemudahan bagi kehidupan manusia. Berbagai manfaatnya dapat terasa pada era sekarang ini dimana semua perlahan beralih dari sesuatu yang sederhana menjadi sesuatu yang lebih modern.

  1. Perkembangan IPTEK dalam pertimbangan nilai etis dan religius
Mengembangkan nilai-nilai dan budaya iptek dasarnya adalah melakukan transformasi dari masyarakat berbudaya menjadi masyarakat yang berfikir analitis kritis dan berketerampilan iptek dengan tetap menjunjung nilai-nilai agama, keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan, serta nilai-nilai luhur budaya bangsa. Secara umum, etika menuntut kejujuran dan dalam iptek ini berarti kekejujuran ilmiah. 
Share this article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 SEOLink All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.